Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 6 Halaman 94, 95, 97, 98
Wednesday, November 25, 2020
Add Comment
Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 7 Kelas 6 Halaman 94, 95, 97, 98 – Kunci Jawaban Buku Tematik siswa kelas 6 tema 7 Pembelajaran 5 edisi revisi 2018 diterbitkan dengan judul Kepemimpinan dengan subtema 2 berjudul Pemimpin Idolaku pada halaman 94, 95, 97, 98
Tema 7 Kelas 6 Subtema 2 Pembelajaran 5
Kemarin kamu sudah membaca tentang kisah Sudin yang berangkat ke kota untuk mengikuti lomba pidato. Sudin harus berada di kota tersebut selama beberapa hari.
Perlombaan berlangsung selama tiga hari. Panitia kegiatan telah menyediakan penginapan untuk seluruh peserta.
Di malam pertama, Sudin harus mengikuti acara budaya yang digelar di sebuah ruangan besar. Sudin bertemu dengan beberapa siswa se-Indonesia. Sudin takjub karena mereka membawakan kesenian yang beragam.
Dua orang peserta menampilkan tari daerah secara berpasangan.Mereka menampilkan tari Piring.
Sudin memperhatikan dengan cermat penampilan kedua penari.Sudin memperhatikan keunikan dari tari Piring yang dipertunjukkan Tari Piring berasal dari Sumatera Barat.
Dalam melakukan gerakan,penari menggunakan piring sebagai properti tari. Piring diletakkan pada telapak tangan, lalu digerakkan ke berbagai arah tanpa jatuh.
Inilah keunikan tari Piring. Keunikan lain adalah penari melakukan gerak di atas pecahan piring tanpa terlihat sakit dan tetap menari dengan lincah.
Pertunjukan tari terdiri atas beberapa unsure tari. Keunikan suatu tarian akibat dari keunikan unsur-unsur tari itu dibandingkan tari lainnya. Apa sajakah unsurunsur tari itu?
Ayo Membaca
Bacalah teks berikut.
Unsur Tari
Dalam tarian terdapat berbagai unsur yang saling mendukung sehingga memunculkan perpaduan yang harmonis. Keharmonisan itu akan membuat sajian tari menjadi indah dan menarik. Unsur tari terdiri atas gerak, busana, tata rias, properti, dan iringan.
1. Gerak
Gerak tari adalah serangkaian gerakan indah dari anggota tubuh yang dapat dinikmati oleh orang lain. Gerak tari diperagakan berdasarkan ruang, waktu, dan tenaga.
Ciri khas gerak tari setiap daerah di Indonesia berbeda-beda.Gerak tari terbagi atas dua macam, yaitu gerak murni dan gerak maknawi.
Gerak tari murni yaitu gerak yang tidak mengandung arti tetapi tetap mementingkan keindahan. Sebaliknya, gerak tari maknawi mempunyai arti tertentu.
2. Tata busana
Tata busana tari meliputi semua pakaian yang dikenakan penari saat mempertunjukkan suatu karya tari di atas pentas sesuai peran yang ditampilkan.
Tata busana tari disesuaikan dengan konsep, tema, karakter,dan bentuk tarian. Tata busana membantu penonton menangkap cirri sebuah peran atau tokoh.
Tata busana juga memperlihatkan kesesuaian hubungan antara peran dengan karakter tarian yang dibawakan.
3. Tata rias
Dalam mempertunjukkan suatu tarian, penari harus merias wajahnya. Alat-alat rias yang digunakan meliputi bedak, lipstik, pensil alis, dan perona mata serta perona pipi.
Tujuan rias wajah untuk mengubah tampilan wajah penari sesuai dengan jenis karakter tarian yang dibawakan.
4. Iringan tari
Iringan tari merupakan bunyi-bunyian untuk mendukung suasana penampilan tari. Iringan tari dapat berupa permainan alat-alat music modern atau tradisional.
Iringan tari juga dapat berupa bunyi yang berasal dari gerakan tubuh, misalnya tepuk tangan, hentakan kaki,siulan, atau nyanyian.
5. Properti tari
Properti tari meliputi semua alat yang digunakan oleh penari dalam melakukan gerakan tari.
Properti tari dapat berupa selendang, kipas, topeng, piring, kuda kepang, keris, tombak, tameng, atau benda-benda lain. Pemilihan properti tari disesuaikan dengan jenis tari yang akan ditampilkan.
6. Tempat pertunjukan
Seni tari memerlukan tempat untuk mempertunjukkanya. Tempat pertunjukan tari biasa disebut panggung.
Secara umum, jenis pentas tari ada dua: pentas tertutup dan pentas terbuka. Pentas tertutup diadakan di dalam ruang kelas, gedung, atau aula. Sebaliknya, pentas terbuka dapat diadakan di lapangan, halaman rumah, atau bahkan di jalan.
Ayo Mencoba
1. Lihatlah sebuah video tari daerah yang dilakukan secara berpasangan.
2. Perhatikan keunikan unsur-unsur tari tersebut.
3. Tuliskan hasil pengamatanmu, lalu bacakan di depan teman-temanmu.Kumpulkan tulisanmu kepada Bapak/Ibu Guru.
Indonesia merupakan negara yang kaya budaya. Sebagai pelajar, kamu dapat menjaga persatuan dan kesatuan melalui penghargaan terhadap budaya tersebut. Mengapresiasi salah satu lagu daerah, seperti yang dilakukan Sudin, merupakan salah satu bentuk menjaga persatuan dan kesatuan.
Kunci Jawaban Tematik Kelas 6 Tema 7 Halaman 94
Ayo Berdiskusi
Semangat bermusyawarah untuk mufakat yang telah dilakukan oleh warga sekolah Sudin merupakan pencerminan dari pengamalan sila keempat Pancasila “Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan/perwakilan”.
Dalam kelompokmu, ayo sampaikan contoh-contoh kegiatan bermusyawarah di lingkungan sekitarmu. Tuliskan hasil diskusimu dalam bentuk tabel seperti berikut.
Jawaban
Semangat kekeluargaan
- Menjenguk teman sakit
- Turut serta aktif membantu acara kegiatan warga
- Menerima keputusan penetapan ketua panitia lomba kemerdekaan Republik Indonesia
- Secara sukarela menyediakan konsumsi acara rapat pembangunan jalan desa
Bermusyawarah
- Berdiskusi menentukan siapa saja yang berangkat ke rumah sakit untuk menjenguk teman
- Bermusyawarah menentukan pembagian tugas acara kegiatan warga
- Bermusyawarah menentukan siapa yang menjadi ketua panitia acara lomba kemerdekaan Republik Indonesia
- Bermusyawarah dalam menentukan langkah-langkah yang akan diambil dalam persiapan pembangunan jalan desa
Gotong royong
- Membuat makanan secara bersama-sama untuk dibawa saat menjenguk teman sakit
- Turut gotong royon membantu mendirikan/mempersiapkan tempat acara kegiatan warga
- Bergotong royong membantu persiapan acara lomba kemerdekaan Republik Indonesia
- Turut bergotong royong membersihkan jalan desa yang akan dibangun
- Dalam kehidupanmu di sekolah, musyawarah sangatlah penting. Kalian bias bermusyawarah dalam berbagai kegiatan. Namun, ada kalanya kalian tidak dapat melakukan musyawarah. Salah satunya ketika kalian mengerjakan tes atau ujian.
Diskusikanlah dengan kelompokmu tentang kegiatan-kegiatan yang dapat dilakukan dengan musyawarah dan kegiatan-kegiatan yang harus dikerjakan sendiri. Tulislah hasilnya dalam bentuk tabel seperti berikut
Jawaban
Kegiatan yang dilakukan dengan bermusyawarah
- Menentukan ketua kelas
- Menentukan pembagian piket kelas
- Merencanakan acara lomba kemerdekaan RI di Sekolah
- Membuat kelompok kerja siswa
Kegiatan yang tidak dapat dilakukan dengan bermusyawarah
- Mengerjakan ulangan/ujian
- Melaksanakan tugas piket yang sudah ditentukan
- Membeli jajanan/makanan ringan
- Membuat tugas individu prakarya (gambar, patung, dan lain-lain)
- Pergi ke belakang/ijin ke toilet sekolah
Ayo Membaca
Simak contoh berikut. Bacalah teks ini bersama temanmu. Ikutilah instruksi gurumu saat membaca teks ini.
Pemimpin Idola, Pemimpin yang Jujur
Ida, teman sebangku aku. Mungil, berkulit hitam manis, tidak banyak bicara, dan pandai. Ia seorang anak yang sederhana. Ayahnya sudah lama meninggal. Ia hidup bersama ibu dan adiknya.
Ida anak yang sangat pandai. Nilai-nilainya yang selalu bagus, memberinya kesempatan meneruskan sekolah tanpa biaya. Semua buku pelajaran dan perlengkapan ditanggung oleh sekolah.
Ida tak pernah malu dengan kondisi keluarganya. Bahkan ia semakin rajin belajar dan terus berprestasi.
Ida juga selalu menjadi tempat bertanya jika teman-temannya mengalami kesulitan dalam pelajaran. Teman-teman memilih Ida sebagai ketua kelas.
Pandai, tenang, dapat berkomunikasi dengan baik, serta mampu menjaga ketertiban kelas menjadi modal utamanya.
Hari ini, Ibu Tati mengingatkan tentang ulangan matematika. Sebagian siswa tidak siap. Termasuk Gugut, si jagoan bola, yang duduk di belakang kami.
“Waduh, saya belum belajar, Bu! Kemarin, saya seharian bermain bola sampai sore. Pulang ke rumah langsung tidur, Bu!” protesnya.
Ulangan tetap berlangsung. Gugut resah. Ia menengok ke kiri dan ke kanan. Tiba-tiba, ditendangnya kursi Ida dari belakang. “Ssstt..Ida! Bantu aku dong! Geser sedikit ke kiri, agar aku bisa melihat jawaban di kertas ulanganmu!” pinta Gugut.
Ida tak bergeming. Ia hanya menggelengkan kepala pelan, tanpa menengok ke belakang. Gugut mengganggunya lagi.
“Ayo dong, Ida. Sekali ini saja. Nanti aku beri kamu uang sepuluh ribu rupiah. Kamu bisa jajan kue di kantin” rayunya.
Gugut tahu benar Ida tidak pernah jajan di kantin. Ibunya tidak memberinya bekal uang jajan. Ida selalu membawa sebungkus nasi dan lauk dari rumah.
Namun, di luar dugaan Gugut, Ida tidak terusik. Sekali lagi, ia menggeleng pelan. Sampai waktu berakhir, Gugut terpaksa menyerahkan kertas ulangannya dengan lunglai.
Pada waktu istirahat Ida menghampiri Gugut.
“Maaf ya, Gugut. Aku bukan tidak ingin membantumu. Menyontek dan memberi contekan kepada teman, adalah perbuatan tidak jujur. Bahkan,perbuatan tersebut bisa dianggap sebagai korupsi kecil-kecilan” katanya kepada Gugut.
“Ah, Ida. Masa menyontek sekali saja dianggap korupsi? Setahuku korupsi nilainya milyaran, dan hanya dilakukan oleh pejabat berkuasa” kata Gugut.
“Gugut, justru kita harus melatih diri. Korupsi dan menyontek sama-sama mengambil hak orang lain. Bernilai kecil atau besar, tetap saja tidak jujur.
Kita membiasakan diri bertingkah laku lurus, mudah-mudahan ketika besar nanti kita tidak akan tergoda untuk melakukan korupsi. Dalam bentuk apa pun!” Ida menambahkan dengan panjang lebar.
Aku dan teman-teman sekelas yang ikut mendengarkan percakapan Ida dan Gugut terdiam setuju. Memang tidak salah kami memilih Ida sebagai pemimpin di kelas. Tidak sekadar pandai, Ida juga patut dijadikan teladan.
Kunci Jawaban Tematik Kelas 6 Tema 7 Halaman 97
Buatlah pertanyaan sebanyak-banyaknya tentang cerita di atas. Berikan pertanyaanmu kepada teman di sebelahmu untuk dijawab. Tulislah pertanyaanmu pada tempat di bawah ini.
Jawaban
- Mengapa Ida tidak mau memberikan Gugut mencotek saat ulangan?
- Mengapa Gugut ingin mencotek saat ulangan?
- Menurutmu bagaimana sikap Ida yang tidak memberikan Ida mencotek pekerjaannya?
- Menurutmu apa yang seharusnya dilakukan Gugut saat ulangan?
- Mengapa Ida dipilih menjadi ketua kelas?
Ayo Berlatih
Kamu dan teman-temanmu sudah berlatih menilai pidato. Sekarang, buatlah teks pidato tentang pentingnya bergotong royong. Gunakanlah struktur yang sudah ditentukan.
Teks pidato harus memuat:
1. Salam pembuka
Berisikan kalimat sapaan (selamat pagi, selamat siang, selamat malam dan lain-lain)
2. Pendahuluan
Memaparkan topik permasalahan yang akan dibahas.Kali ini kamu akan membahas pengamalan persatuan dan kesatuandi lingkungan, yaitu meningkatkan kualitas warga. Kamu akan membantu adik kelas atau warga di lingkungan rumahmu untuk membaca.
3. Inti
Berisikan pembahasan topik secara lengkap. Kalimat ajakan atau bujukan digunakan untuk mengajak pendengar melakukan kegiatan yang diharapkan.
4. Keterangan lengkap tentang topik disampaikan secara rinci.
5. Penutup
Penyampaian rangkuman atau intisari topik yang telah disampaikan.
6. Salam penutup
Berisikan kalimat salam penutup, seperti ‘terima kasih’.
Kunci Jawaban Tematik Kelas 6 Tema 7 Halaman 98
Ayo Renungkan
Setelah belajar di hari ini, coba renungkan.
Apa yang kamu pelajari?
Jawaban
Cara menjadi pimpinan yang jujur
Apa yang akan kamu lakukan untuk mengamalkan nilai gotong royong dalam kehidupan sehari-hari?
Jawaban
Melaksanakan piket kelas bersama,gotong royong membersihkan sekolah.
Kerja Sama dengan Orang Tua
Di sekitar rumahmu banyak kegiatan yang membutuhkan gotong royong.Tanyakan kepada kedua orang tuamu, kegiatan apa saja di sekitar rumah yang membutuhkan gotong royong. Bandingkan hasilnya dengan yang diperoleh temanmu.
Jawaban
- Membersihkan selokan
- Melakukan kegiatan kerja bakti
- Melaksanakan kegiatan siskamling
- Pembangunan tempat umum
Terima kasih sudah membaca artikel ini, Semoga Kunci Jawaban Tematik Kelas 6 Tema 7 Subtema 2 Pembelajaran 5 Halaman 94, 95, 97, 98 yang saya bagikan pada kesempatan kali ini dapat bermanfaat untuk Adik-adik dan para pembaca dimanapun kalian berada.
0 Response to "Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 6 Halaman 94, 95, 97, 98"
Post a Comment