Kunci Jawaban Halaman 3, 4, 5, 6, 7, 8, 10, 12, 13 Kelas 6 Tema 5
Sunday, March 28, 2021
Add Comment
Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 5 Kelas 6 Halaman 3, 4, 5, 6, 7, 8, 10, 12, 13 – Pembelajara Buku Tematik Kelas 6 Tema 5 Wirausaha Subtema 1 Kerja Keras Berbuah Kesuksesan Pembelajaran 1 yang membahas Tentang Pengalaman Belajar dari Negara-Negara ASEAN.
Buku Siswa yang digunakan sebagai sarana utama belajar di kelas 6 SD/MI Tema 5 merupakan buku tematik terpadu kurikulum 2013 revisi 2018 ( k13 ).
Di dalam buku tematik pembelajaran 1 subtema 1 Kerja Keras Berbuah Kesuksesan terdapat beberapa soal latihan yang harus di kerjan oleh siswa secara sendiri – sendiri. Dengan adanya soal – soal latihan kami mencoba membantu untuk menemukan jawaban yang tepat Berikut kami bagiakan alternatife kunci jawaban soal yang terdapat pada halaman 3, 4, 5, 6, 7, 8, 10, 12, 13
Kelas 6 Tema 5 Subtema 1 Pembelajaran 1
Ayo Membaca
Pengalaman Belajar dari Negara-Negara ASEAN
Hari ini merupakan hari yang penting bagi Udin, Edo, Beni, Siti, Dayu, Lani,dan teman sekelasnya. Mereka akan berkunjung ke pameran budaya ASEAN yang diselenggarakan oleh Sekretariat ASEAN yang terletak di Jakarta.Wah, tidak sabar rasanya Udin dan teman-teman ingin sampai di sana.
Kebetulan saat ini mereka juga sedang belajar mengenai negara-negara tetangga. Mereka ingin sekali melihat bukti dari yang mereka pelajari.
Sesampai di arena pameran, Udin dan teman-temannya dibagi menjadi beberapa kelompok. Pameran diikuti oleh sepuluh negara anggota ASEAN.Masing-masing anjungan tampil menarik dengan ciri khas tiap negara.Anjungan Indonesia tampil dengan ciri khas rumah Toraja yang unik dan menarik.
Terdapat juga anjungan khusus yang dikelola oleh sekretariat ASEAN. Udin menghabiskan banyak waktu di anjungan ini.Anjungan ini menampilkan berbagai informasi tentang peranan ASEAN dalam mengembangkan wirausaha kecil.
Anjungan ini juga menampilkan berbagai produk wirausaha dari tiap negara. Berbagai produk kreatif ada di sana. Ada jaket kulit dari pengrajin negara Indonesia, ada manisan buah Thailand dalam kemasan kaleng, ada alat penyeduh kopi klasik Vietnam, serta ada pula aplikasi agribisnis yang dikembangkan oleh pemuda Indonesia untuk menghubungkan petani dan konsumen.
Edo terkesan dengan berbagai makanan khas. Memang, Edo selalu tertarik dengan makanan dari berbagai daerah. Ada singkong santan khas Thailand, ada Pho dari Vietnam, ada Larb dari Laos, dan masih banyak makanan lain yang namanya pun baru Edo ketahui. Makanan khas tiap negara menunjukkan ciri khas sumber daya alamnya.
Beni tertarik dengan anjungan Negara Brunei yang menampilkan Wayang Asik khas negaranya. Wayang ini popular sekitar tahun 1960-an di Kampung Ayer, di tepi Sungai Brunei. Saat ini, Brunei berusaha mengembangkan kembali minat masyarakatnya untuk mempelajari Wayang Asik karena popularitasnya mulai turun sejak masuknya berbagai budaya asing.
Hal yang menarik bagi Beni adalah melihat inovasi yang dilakukan anjungan Brunei untuk memperkenalkan Wayang Asik. Berbeda dengan wayang Indonesia, yang menampilkan sosok legendaries dunia pewayangan, Wayang Asik ini menampilkan sosok tokoh manusia dalam bentuk kecil. Tinggi wayang hanya sekitar delapan hingga sepuluh cm. Wayang ini dibuat dari kertas tebal dengan pegangan dari kayu.
Udin dan teman-teman juga mengikuti aneka lomba yang diadakan oleh beberapa anjungan. Sebelum mengikuti lomba, mereka harus mengisi formulir pendaftaran. Hadiahnya? Tentu saja cendera mata khas dari negara tersebut.
Menyaksikan pameran budaya ASEAN memberi Udin dan teman-teman pengalaman belajar yang berharga. Kini pengetahuan mereka semakin kaya. Pengetahuan dari penjelasan guru, dari buku yang dibaca, serta menyaksikan langsung ragam karya dan budaya yang ditampilkan tiap negara ASEAN.
Halaman 3,4 Kunci Jawaban Kelas 6 Tema 5
Jawab pertanyaan berikut berdasarkan teks.
Mengapa hari ini merupakan hari yang penting bagi Udin dan kawan-kawan?
Kunci Jawaban
Hari ini menjadi hari yang penting bagi Udin dan kawan-kawanya karena mereka akan berkunjung ke pameran budaya ASEAN yang diselenggarakan oleh Sekretariat ASEAN yang terletak di Jakarta.
Apa yang dapat dipelajari dari anjungan khusus yang dikelola oleh secretariat ASEAN?
Kunci Jawaban
Yang dapat dipelajari dari anjungan khusus yang dikelola oleh sekretariat ASEAN adalah Udin dan kawan-kawannya mendapatkan informasi tentang peranan ASEAN dalam mengembangkan wirausaha kecil.
Apa pengalaman belajar yang diperoleh Edo?
Kunci Jawaban
Pengalaman belajar yang diperoleh Edo saat berkunjung ke pameran budaya ASEAN adalah dia mengenal nama-nama makanan khas dari tiap negara ASEAN, bahkan namanya pun baru dia ketahui dan menjadi ciri khas sumber daya alam negara tersebut.
Apa pengalaman belajar yang diperoleh Beni?
Kunci Jawaban
Pengalaman belajar yang diperoleh Beni yaitu dia menjadi lebih tahu tentang wayang Asik khas negara Brunei Darussalam yang populer sekitar tahun 1960-an di Kampung Ayer, di tepi Sungai Brunei. Serta melihat inovasi yang dilakukan anjungan Brunei untuk memperkenalkan Wayang Asik.
Apa pengalaman belajar yang diperoleh Udin?
Kunci Jawaban
Pengalaman belajar yang diperoleh Udin yaitu selain memperoleh informasi tentang peranan ASEAN dalam mengembangkan wirausaha kecil, dia juga tahu tentang berbagai produk wirausaha kreatif tiap negara anggota ASEAN.
Jika kamu mendapat kesempatan berkunjung ke arena pameran tersebut, apa kegiatan yang mungkin paling menarik menurutmu? Mengapa?
Kunci Jawaban
Jawaban disesuaikan dengan informasi yang di terima siswa tersebut,
Tulis 3 hal yang menurutmu penting dari teks tersebut!
Kunci Jawaban
1. Berbagai macam produk kreatif dan nama-nama makanan khas masing-masing negara.
2. Bagaimana peranan ASEAN dalam mengembangkan wirausaha kecil.
3. Beragam karya budaya dari masing-masing negara.
Ayo Berdiskusi
Negara-negara yang tergabung dalam ASEAN mempunyai potensi masing-masing, mulai dari sumber daya alamnya hingga sumber daya manusianya.
Bagaimana peranan dan posisi Indonesia dalam kancah perekonomian ASEAN? Bagaimana peranan dunia usaha? Ayo, kita cari tahu lebih lanjut.
Kamu akan mencari informasi secara berkelompok tentang kerja sama ekonomi antarnegara ASEAN, khususnya tentang posisi dan peranan Indonesia.
Kamu dapat mencari informasi dari berbagai sumber. Laporkan hasilnya dalam bentuk peta pikiran.
Kunci Jawaban
- Ikut serta dalam MEA (Masyarakat Ekonomi ASEAN).
- Menjadi salah satu lumbung padi ASEAN.
- Mendirikan ASEAN Aceh Fertilizer Project sebagai bentuk keikutsertaan kerjasama sektor industri.
- Menjadi salah satu pelaku ekspor dan impor barang.
Halaman 5, 6, 7 Kunci Jawaban Kelas 6 Tema 5
Ayo Mencoba
Apakah kamu pernah menemukan magnet di sekitarmu? Di mana saja kamu menemukan magnet? Apa yang kamu ketahui tentang magnet?
Diskusikan jawaban pertanyaan di atas dalam kelompok.Tuliskan hasil diskusimu.
Kunci Jawaban
Kita dapat menemukan magnet pada alat-alat seperti obeng, kompas, dinamo, pengunci dompet, speaker, atau pengangkat benda yang menggunakan magnet untuk mengangkat benda yang terbuat dari besi dan baja. Kata magnet berasal dari Magnesia, nama suatu kota di kawasan Asia.
Buatlah pertanyaan sebanyak-banyaknya tentang hal yang ingin kamu ketahui lebih lanjut tentang magnet.
Kunci Jawaban
1.Mengapa saat magnet didekatkan dengan kutub kutub yg sama akan mengalami tolak menolak.
2. Mengapa jika didekatkan ke logam magnet akan menyatu?
3.Sebutkan Jenis – jenis magnet.
Selanjutnya, kamu akan mengenal berbagai macam magnet. Perhatikan magnet yang telah disediakan oleh gurumu.
Halaman 8 Kunci Jawaban Kelas 6 Tema 5
Setelah mengamati dan mencoba berbagai macam magnet, jawab pertanyaan berikut.
Apa yang kamu ketahui tentang magnet?
Kunci Jawaban
Magnet merupakan benda yang dapat menarik logam seperti baja dan besi serta memiliki daerah disekitarnya yang masih dipengaruhi oleh magnet atau dinamakan medan magnet. Magnet sendiri memiliki dua buah kutub, yaitu kutub utara dan kutub selatan.
Apa saja jenis-jenis magnet yang kamu ketahui?
Kunci Jawaban
1.Mangnet Alam
Magnet Alam adalah magnet yang sudah memiliki sifat kemagnetan secara alami tanpa ada campur tangan manusia. Contohnya adalah gunung ida di Magnesia yang mampu menarik benda-benda disekitarnya.
2.Mangnet Buatan
Magnet Buatan adalah magnet yang sengaja dibuat oleh manusia dari bahan-bahan magnetik yang kuat seperti besi dan baja.
Apa arti simbol U dan S yang terdapat pada magnet? Jelaskan.
Kunci Jawaban
Simbol U dan S menunjukkan kutub magnet, dimana U merupakan kutub Utara magnet, dan S merupakan kutub Selatan magnet.
Jelaskan perbedaan bentuk masing-masing magnet.
Kunci Jawaban
Secara umum terdapat 5 bentuk magnet yaitu magnet batang, magnet silinder, magnet jarum, magnet u dan magnet lingkaran.
Tahukah Kamu?
Lebih dari 2000 tahun yang lalu, orang Yunani yang hidup di Magnesia menemukan batu yang istimewa. Batu tersebut dapat menarik bendabenda yang mengandung logam.
Ketika batu itu digantung, batu tersebut berputar. Salah satu ujungnya selalu menunjuk ke arah utara. Karena batu itu ditemukan di Magnesia, orang Yunani menamainya magnitis lithos.
Orang Yunani tidak mengetahui lebih lanjut bagaimana sifat-sifatnya,namun mereka telah mengamati ciri-ciri bahan yang disebut magnet.
Saat ini banyak teknologi yang menggunakan magnet. Pengeras suara,layar TV, dan kaset merupakan contoh-contohnya.
Kutub-Kutub Magnet
Semua magnet mempunyai ciri-ciri tertentu. Setiap magnet memiliki dua tempat yang gaya magnetnya sangat kuat.
Daerah ini disebut kutub magnet. Ada dua kutub magnet, yaitu kutub utara (U) dan kutub selatan (S). Sering kita menjumpai magnet yang bertuliskan N dan S. N merupakan kutub utara magnet itu (singkatan dari North yang berarti Utara), sedangkan S kutub selatannya (singkatan dari South yang berarti selatan).
Magnet dapat berada dalam berbagai bentuk dan ukuran. Bentuk yan paling sederhana berupa batang lurus. Selain itu, ada juga magnet yang berbentuk tapal kuda (ladam) dan jarum. Pada bentuk-bentuk ini, kutub magnet berada pada ujung-ujung magnet tersebut.
Halaman 10, 12, 13 Kunci Jawaban Kelas 6 Tema 5
Ayo Berdiskusi
Apa itu formulir? Apakah kamu pernah melihat atau mempunyai pengalaman mengisi formulir? Apa saja jenis formulir yang kamu ketahui?
Kunci Jawaban
Formulir adalah lembar isian yang harus diisi oleh seseorang dengan identitas diri yang dapat dipertanggungjawabkan dan mencantumkan tujuan dari pengisiannya.
Diskusikan jawabannya secara berkelompok.
Tuliskan kesimpulan dari hasil diskusi.
Ayo Membaca
Amati dan baca contoh-contoh formulir berikut.
Formulir A
Formulir B
Jawab pertanyaan berikut berdasarkan teks.
Apa saja yang kamu temukan dalam kedua formulir tersebut?
Kunci Jawaban
Alternatif jawaban
Yang saya temukan dalam kedua formulir tersebut adalah isian identitas diri, jenis kegiatan yang akan diikuti, dan tanda tangan yang disertai dengan nama lengkap.
Apa perbedaan antara formulir A dan formulir B?
Kunci Jawaban
1. Isian identitas diri pada formulir A lebih lengkap daripada formulir B.
2.Formulir A untuk kegiatan yang diadakan di luar sekolah. Formulir B untuk kegiatan yang diadakan di dalam sekolah.
Apa tujuan dari formulir A?
Kunci Jawaban
Tujuan dari formulir A adalah untuk mengikuti Lomba cerdas cermast ASEAN.
Apa tujuan dari formulir B?
Kunci Jawaban
Tujuan dari formulir B adalah untuk pendaftaran kegiatan ekstrakurikuler.
Mengapa formulir itu kita butuhkan?
Kunci Jawaban
Formulir itu dibutuhkan agar pihak yang membutuhkan data memiliki identitas diri peserta dan sebagai syarat untuk mengikuti suatu kegiatan.
Kapan kita mengisi formulir?
Kunci Jawaban
Kita mengisi formulir ketika kita akan mengikuti suatu kegiatan yang membutuhkan identitas diri.
Apa yang dapat kamu simpulkan tentang formulir?
Kunci Jawaban
Yang dapat saya simpulkan tentang formulir adalah ketika kita akan mendaftar suatu kegiatan, kita harus mengisi formulir yang berisi identitas diri dan jenis kegiatan yang akan kita ikuti.
Demikianlah Kunci Jawaban Tematik Kelas 6 tema 5 Wirahusaha Kurikulum 2013 Revisi 2018 ini, Semoga Kunci jawaban Buku tematik terpadu Kelas 6 SD/MI Tema 5 ini dapat memberikan manfaat bagi parah pembeca dimanapun berada
0 Response to "Kunci Jawaban Halaman 3, 4, 5, 6, 7, 8, 10, 12, 13 Kelas 6 Tema 5"
Post a Comment