Kunci Jawaban Tematik Kelas 6 Tema 2 Halaman 53, 54, 55

Kunci Jawaban Kelas 6 Tema 2 Subtema 2 Pembelajaran 1 Halaman 53, 54, 55 - Kunci Jawaban soal tematik kelas 6 team 2 persatuan dalam perbedaan, subtema 2 Bekerja Sama Mencapai Tujuan pembelajaran 2. Mari kita bahas bersama mengenai jawaban tematik kelas 6 pada semester 1 ini. Lanjut jan lama-lagi... !!!

Kunci Jawaban Kelas 6 Tema 2 Subtema 2 Pembelajaran 2


kunci jawaban tematik kelas 6 tema 2 pembelajaran 2

Ayo Membaca

Meskipun Indonesia terdiri atas ribuan pulau yang membentang dari Sabang sampai Merauke dengan penduduk yang berasal dari latar belakang dan kebudayaan yang berbeda-beda, namun dengan semangat persatuan dan kerja sama, bangsa Indonesia mampu mengusir penjajah dari bumi Indonesia.

‘Bersatu Kita Teguh, Bercerai Kita Runtuh’ adalah semboyan yang sering didengungkan untuk meningkatkan semangat persatuan pada masa penjajahan.

Amati gambar dan baca teks berikut dalam hati!

Kami Berbeda, namun Kami Bekerja Sama

Matahari belum tinggi ketika Edo, Dayu, dan teman-temannya bermain di halaman sekolah. Ada yang bermain lompat karet, ada yang bermain Petak Jongkok, ada yang bermain Congklak di selasar kelas, dan sebagian lagi ikut dalam permainan Rangku Alu.

Edo, Dayu, Siti, Udin, Beni, dan Lani memilih ikut permainan Rangku Alu bersama beberapa teman lain. Mereka memang lebih suka dengan permainan olah tubuh di luar ruangan.

Baru beberapa hari yang lalu, teman baru mereka, Yanes yang memperkenalkan permainan ini. Yanes berasal dari Alor, Nusa Tenggara Timur. Permainan yang menggunakan tongkat bambu ini adalah permainan anak yang digemari di sana. Edo, Dayu, dan teman-teman di SD Nusantara senang sekali mengenal permainan baru ini.

“Seru dan menantang!” kata mereka.

Anak-anak di SD Nusantara justru gembira menyambutnya. Perbedaan warna kulit, adat, kebiasaan, bahasa, atau agama tidak mereka anggap sebagai masalah. Semua akrab bermain bersama. Pernah sekali waktu, ketika Edo bercanda akrab dengan Siti dan Dayu, Hendra berkomentar,

“Ih, Dayu, mau-maunya kamu bermain dengan Edo yang berkulit hitam. Nanti kulitmu yang putih tertular hitam, lho!” ejeknya.

“Ah, aku tak pernah pusing dengan warna kulit, tak pernah pusing dengan asal daerah. Aku dan Siti pun berbeda. Aku anak Bali, Siti anak Sumatra, tetapi kami saling memahami. Pertemanan hanya butuh waktu untuk saling menyesuaikan. Aku pun butuh waktu untuk menyesuaikan diri denganmu, Hendra.” Balas Dayu tenang. Hendra pun terdiam. Sesungguhnya, ia juga tidak pernah mengalami masalah dengan temannya yang berbeda asal.

Begitulah gambaran keseharian di SD Nusantara. Anak-anak tetap rukun, bekerja sama, dan bersatu, walaupun mereka berbeda-beda. Wawasan mereka semakin kaya karena mengenal adat dan bahasa daerah lain. Semakin kaya dengan bermain bersama aneka permainan tradisional. Rangku Alu, Benthik, Gobak Sodor, atau Cingciripit menjadi perekat yang menyenangkan.

Kunci Jawaban Tematik Halaman 53, 54


Apa saja perbedaan yang kamu temukan dalam cerita di atas?
Kunci Jawaban
Perbedaan permainan yang digemari, kebiasaan, bahasa, adat, agama, warna kulit, serta daerah asal.

Bagaimana sikap Edo dan kawan-kawan menyikapi perbedaan tersebut?
Kunci Jawaban
Edo dan kawan-kawan tidak peduli dengan perbedaan yang ada. Mereka lebih memilih saling memahami.

Apakah perbedaan menghalangi mereka dalam melakukan kerja sama? Jelaskan!
Kunci Jawaban
Tidak, mereka tetap bisa bisa bekerja sama, rukun dan bersatu walaupun dalam perbedaan. 

Apa manfaat yang kita peroleh ketika mampu bekerja sama dengan orang-orang yang berbeda?
Kunci Jawaban
Pada dasarnya, bekerja sama dapat mempermudah kita dalam mengerjakan sesuatu. Selain itu, kita bisa menambah teman serta mengenal hal-hal baru.

Pernahkah kamu bekerja sama dengan teman-teman yang berbeda? Berikan contoh!
Kunci Jawaban
Pernah. Saya pernah ditanyai teman yang beragama Kristen tentang materi yang belum ia mengerti. Dengan senang hati sayapun membantunya.


Bagaimana kamu menyikapi perbedaan yang ada? Jelaskan!
Kunci Jawaban
Perbedaan itu bukan penghambat yang perlu dihindari. Justru dengan perbedaan membuat kita mengenal hal-hal baru dan pastinya memperbanyak teman.

Jelaskan manfaat kerja sama dan persatuan dalam kehidupan sehari-hari!
Kunci Jawaban
Dengan bekerja sama dan persatuan, apapun pekerjaan akan terasa lebih mudah, Selain itu, keutuhan NKRI tetap terjaga.

Ayo Berdiskusi

Setelah mempelajari bagaimana siswa di SDN Nusantara menjalin kerja sama dan persatuan dalam keseharian mereka, sekarang saatnya kamu menuangkan manfaat persatuan dan kesatuan dalam kerangka Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dalam sebuah drama.

Buatlah naskah drama tentang makna dan manfaat persatuan dan kesatuan secara berkelompok!

Kunci Jawaban Tematik Halaman 55


Ayo Berkreasi

Tahukah kamu bahwa kerja sama dan persatuan juga penting ketika kamu menampilkan tari secara berkelompok?

Apakah kamu masih ingat tentang pola lantai ketika menari? Jelaskan!
Kunci Jawaban
Pola lantai merupakan suatu pola yang menentukan arah perpindahan atau pergeseran posisi serta menentukan gerakan yang harus dilakukan oleh penari untuk menguasai suatu ruang.

Demikianlah postingan mengenai Kunci Jawaban 53, 54, 55 Kelas 6 Tema 2 Buku Tematik Siswa. Semoga dapat menambah motivasi belajar dan mempermudah dalam pemahaman materi dimanapun kalian berada. Terimakasih.

0 Response to "Kunci Jawaban Tematik Kelas 6 Tema 2 Halaman 53, 54, 55"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel