Kunci Jawaban Tema 4 Kelas 6 Subtema 2 Halaman 61, 62, 63, 64, 65, 66

Kunci Jawaban Kelas 6 Tema 4 Halaman 61, 62, 63, 64, 65, 66 – Buku siswa kelas 6 tema 4 edisi revisi 2018 diterbitkan dengan judul Globalisasi dengan subtema 2 berjudul Globalisasi dan Manfaatnya.

Tema 4 Kelas 6 subtema 2 pembelajaran 2


kunci jawaban tema 4 kelas 6 halaman 61, 62, 63, 64, 65, 66

Ayo Berdiskusi

Bacalah teks berikut.

Pengrajin Garut yang Menembus Dunia

Sekarang ini, siapa yang tak kenal Mang Samad, pengrajin sandal kulit dari Garut? Ia sering sekali diundang di berbagai acara temu wirausaha untuk menjadi pembicara dan pemberi motivasi bagi para wirausahawan muda. 

Memang, kerja keras Mang Samad patut dicontoh. Tak banyak wirausahawan kecil seperti dirinya yang bisa berkembang hingga terkenal di mancanegara.

Dulu, Mang Samad hanyalah seorang penjaja sandal kulit keliling. Ia berjalan dari desa ke desa, kemudian memberanikan diri beberapa minggu sekali pergi ke Jakarta untuk menjajakan sandal kulit yang diambilnya dari pabrik. 

Dari pengalamannya menjajakan dagangan, ia jadi tahu keinginan pembeli. Ia jadi tahu model seperti apa yang menjadi favorit pembeli. 

Ternyata semakin rumit bentuk jalinan kulit sebuah sandal, apalagi untuk laki-laki, justru tidak diminati. Bentuk sederhana dan klasik tetap menjadi favorit pembeli, namun kualitas kulit dan jahitan sandal menjadi hal yang utama.

Merasa tak puas jika hanya menjajakan, Mang Samad pun belajar untuk membuat sandal. Keterampilan dasar memproses dan menjahit kulit sudah Mang Samad miliki, karena desa tempatnya tinggal merupakan desa pengrajin sandal. 

Mang Samad hanya memperluas keterampilannya dengan belajar membuat pola sandal, belajar mengenal aneka bahan, lalu menambahkan

pengetahuan minat pembeli dari pengalamannya berjualan. Mang Samad mulai bereksperimen dengan berbagai model sandal buatannya sendiri. Ia mencoba membuat sedikit, kemudian menitipkan di toko atau ke temannya yang berkeliling. 

Ketika laku, ia membuat lagi, mencoba model yang baru, mencoba warna yang baru, lalu begitu seterusnya. Hingga satu saat, ia tidak bisa lagi memenuhi permintaan pembeli dengan tenaganya sendiri. Maka, mulailah Mang Samad mencari pegawai yang bisa membantunya. 

Dari satu-dua pegawai, sekarang sudah lebih dari sepuluh pegawai yang bekerja membantunya. Ia tak pernah jauh-jauh mencari pegawai. Hanya dari orangorang dekat di lingkungan tempat tinggalnya. Ia ingin kemajuan usahanyadirasakan juga oleh lingkungan terdekatnya. 

Semakin maju usahanya, semakin maju juga tingkat penghidupan pegawai yang bekerja membantunya. Mang Samad tidak saja menaikkan taraf hidupnya, tetapi juga membantu memajukan taraf hidup masyarakat di lingkungannya.

Belajar yang tak pernah henti, membuat usaha yang dirintis Mang Samad terus berkembang. Berbeda dengan produk sandal Garut yang model dan bahannya tak berubah dari waktu ke waktu. 

Mang Samad sering memperhatikan model  sandal di majalah dan model sandal merek luar negeri yang dijual di toko. Ia  pun secara berkala mengeluarkan model baru. 

Walaupun model yang dibuatnya sederhana, ia selalu menggunakan bahan yang terbaik serta teknik jahitan yang kuat. Dengan demikian sandal buatannya tahan lama. 

Suatu ketika, datang kesempatan bagi wirausahawan kecil di Garut untuk ikut memperkenalkan produk khasnya di sebuah pameran produk karya Indonesia di Jakarta. Mang Samad berusaha keras untuk ikut dalam pameran ini. Ia bahkan mencari informasi bagaimana membuat brosur produk yang menarik.

Ia juga bekerja sama dengan temannya yang pandai bertukang untuk membuat
tampilan area pamer yang berbeda.  

Ternyata usaha Mang Samad tidak sia-sia. Brosur produk yang informatif, area pamer yang menarik, serta kualitas produk yang baik membuat stan sandal kulit Mang Samad ramai didatangi pengunjung pameran. 

Tidak hanya sandal yang dijualnya laris manis, Mang Samad juga didekati oleh beberapa importer dari luar negeri yang tertarik dengan produknya. Hanya dari satu pameran, produk Mang Samad sudah dikenal oleh banyak kalangan.

Sekarang produk sandal buatannya sudah menembus ke pasar mancanegara. Model yang sederhana dengan kualitas bahan dan jahitan yang baik membuat sandal buatannya disukai banyak kalangan di luar negeri. 

Tidak hanya membawa kebanggaan bagi dirinya, bagi keluarganya, atau bagi pekerjanya. Produk sandal kulit buatan Mang Samad dari Garut membuat Indonesia makin dikenal, membuat Indonesia makin bangga dengan kerja keras anak negerinya. Sandal kulit Garut dapat mengharumkan nama Indonesia dan turut memajukan perekonomian bangsa.

Kunci Jawaban Tema 4 Kelas 6 Halaman 61


Berdasarkan teks di atas diskusikan pertanyaan berikut.

1. Siapakah Mang Samad?
Kunci Jawaban
Pengrajin sandal kulit dari Garut? Ia sering sekali diundang di berbagai acara temu wirausaha untuk menjadi pembicara dan pemberi motivasi bagi para wirausahawan muda.

2. Bagaimana Mang Samad mengawali usahanya?
Kunci Jawaban
Mang Samad mengawali usahanya dengan menjajakan keliling sandal kulit yang diambilnya dari pabrik.

3. Bagaimana Mang Samad mengembangkan usahanya?
Kunci Jawaban
Mang Samad mengembangkan usahanya dengan belajar membuat sandal.

4. Keberhasilan apa yang sudah dicapai oleh Mang Samad?
Kunci Jawaban
Keberhasilan yang sudah dicapai oleh Mamg Samad adalah sandal buat Mang Samad terjual laris manis, bahkan diimpor hingga ke luar negeri.

5. Keterampilan apa yang dimiliki oleh Mang Samad?
Kunci Jawaban
Keterampilan yang dimiliki oleh Mang Samad adalah membuat pola sandal, mengenal aneka bahan, dan pengetahuannya tentang minat pembeli dari pengalamannya berjualan.

6. Sikap apa yang dimiliki oleh Mang Samad? Jelaskan.
Kunci Jawaban
Sikap yang dimiliki oleh Mang Samad adalah tidak mudah pantang menyerah, pekerja keras, dan selalu belajar dari pengalaman.

7.  Apa dampak dari keberhasilan usaha Mang Samad bagi diri Mang Samad sendiri?
Kunci Jawaban
Dampak dari keberhasilan Mang Samad bagi diri Mang Samad sendiri adalah ia meningkatkan taraf hidupnya dan keluarganya.

Kunci Jawaban Kelas 6 Tema 4 Halaman 63


Masyarakat Indonesia mempunyai keberagaman ekonomi. Seperti yang telah kamu pelajari sebelumnya bahwa keberagaman itu dipengaruhi oleh banyak faktor. Salah satunya keterampilan dan pendidikan serta usaha keras. Setiap orang mempunyai potensi diri yang berbeda. Potensi tersebut harus diasah supaya seseorang bisa berhasil. 
 
Di era globalisasi seperti sekarang, setiap orang harus terus meningkatkan potensinya supaya ia terus bisa bersaing secara sehat. Siapkah kamu menghadapi era globalisasi?

Tahukah Kamu?

Tahukah kamu tentang mainan rubik atau magic cube? Mainan ini diciptakan oleh Erno Rubik yang berasal dari Hungaria. Mainan ini sudah dikenal di seluruh dunia termasuk Indonesia. Dengan kemudahan di era globalisasi, saat ini kita bisa dengan mudah mendapatkannya di toko mainan.

Berbentuk apakah bentuk mainan rubik?
Kunci Jawaban
Berbentuk kubus

Cobalah menghitung berapa kubus kecil yang menyusun mainan rubik?
Kunci Jawaban
Setiap sisi ada 9 kotak kubus dan kubus memiliki 6 sisi 9x6=54

Mainan rubik berbentuk kubus. Rubik disusun dari kubus-kubus kecil yang dinamakan kubus satuan. Banyaknya kubus satuan yang menyusun rubik bias disebut isi rubik atau volume rubik. Ayo kita bereksplorasi lebih jauh tentang  volume kubus.

Kunci Jawaban Kelas 6 Tema 4 Halaman 64

Ayo Mengamati

Perhatikan pola di bawah ini. (pola bisa ditambah sampai 5)

Adalah kubus satuan dengan panjang rusuk 1 satuan.

1. Pola apa yang kamu amati?
Kunci Jawaban
Pola yang dapat diamati dari hubungan antara rusuk kubus dengan jumlah kubus satuan yang menyusunnya adalah semakin panjang rusuknya semakin banyak pula kubus satuan yang menyusunnya. Sedangkan hubungan antara kubus satuan penyusunnya adalah jumlah kubus satuan penyusunnya sama dengan volume kubus tersebut.

2. Jika panjang rusuk kubus bertambah, apa yang terjadi pada banyak kubus satuan?
Kunci Jawaban
Jika panjang rusuk kubus bertambah maka banyaknya kubus satuan penyusunnya juga bertambah

3. Bagaimana hubungan antara rusuk kubus dengan banyaknya kubus satuan yang menyusunnya?
Kunci Jawaban
Panjang rusuk kubus sama dengan akar dari jumlah kubus satuan yang berada pada salah satu sisi kubus

4. Rusuk kubus dinamakan r. Banyaknya kubus satuan dinamakan volume atau V. Bagaimana hubungan r dan V?
Kunci Jawaban
Hubungan antara r dan v adalah v = r³

5. Tulislah simpulanmu tentang rumus volume kubus
Kunci Jawaban
v = r³, v = jumlah kubus satuan yang menyusun kubus


Kunci Jawaban Kelas 6 Tema 4 Halaman 65,66 


1. Hitunglah volume kubus pada gambar berikut.
Kunci Jawaban
V=s x S x S 
= 3cm x3cm x3cm
=27 cm3

2. Hitunglah panjang rusuk kubus jika volume kubus adalah:
a. 64 cm3
b. 516 cm3  
c. 125 cm3
Kunci Jawaban
kubus adalah bangun ruang dengan sisi datar
kubus memiliki 12 rusuk yang sama panjang
kubus memiliki 6 sisi berbentuk persegi yang sama luas
kubus memiliki 8 titik sudut
rumus dalam kubus:

jika panjang rusuk = s

1) volume =  s³

   s = ³vvolume

2) luas permukaan = 6 x rusuk² atau 6 x s²

   s = v(luas permukaan/6)

Pembahasan
a)

diketahui:

volume kubus = 64 cm³

ditanya, panjang rusuknya = ... ?

jawab:

gunakan rumus s = ³vvolume

s = ³v64

   = ³v4³

   = 4 cm

b)

diketahui:

volume kubus = 516 cm³ kemungkinan ini ada kesalahan, mungkin volumenya 512 cm³

ditanya, panjang rusuknya = ... ?

jawab:

gunakan rumus s = ³vvolume

s = ³v512

   = ³v8³

   = 8 cm

c)

diketahui:

volume kubus = 125 cm³

ditanya, panjang rusuknya = ... ?

jawab:

gunakan rumus s = ³vvolume

s = ³v125

   = ³v5³

   = 5 cm

3. Dayu mempunyai tempat air yang berbentuk kubus. Jika panjang rusuk
tempat air adalah 50 cm, hitunglah volume tempat air.
Kunci Jawaban
Volume dari Kubus adalah sisi x sisi x sisi, maka dapat kita uraikan jawabannya sebagai Berikut 

V = Sisi x sisi x sisi
V = 50 cm x 50 cm x 50 cm
V = 125000 cm³

4. Dina dan Siti mempunyai tempat air berbentuk kubus. Panjang rusuk tempat air Dina dan Siti adalah 30 cm dan 40 cm. Hitunglah selisih volume,tempat air Dina dan Siti.
Kunci Jawaban
Volume tempat air Siti – volume tempat air Dina
403 - 303
64.000 – 27.000 = 37.000 cm3
Jadi, selisih volume tempat air Dina dan Siti adalah 37.000 cm3

Untuk mengetahui selisih volume tempat air berbentuk kubus milik Dina dan Siti yang harus dihitung terlebih dahulu adalah volume masing – masing  tempat air tersebut.

Volume kubus dihitung dengan rumus:

volume = sisi x sisi x sisi
volume Dina = 30 cm x 30 cm x 30 cm
volume Dina = 27.000 cm³
volume Siti = 40 cm x 40 cm x 40 cm
volume Siti = 64.000 cm³
selisi  volume = volume Siti - Volume Dina
Selisi  volume = 64.000 cm³ - 27.000 cm³
Selisi volume = 37.000 cm³

Banyak sekali mainan dari mancanegara yang bisa kita dapatkan saat ini.Tetapi sebagai bangsa Indonesia kita harus cinta produk Indonesia ya.

Ayo Renungkan

Apa yang kamu pelajari hari ini?
Nilai-nilai baik apa yang bisa kita contoh dari Mang Samad?
Sikap apa yang bisa kita tunjukkan sehari-hari dengan mencontoh Mang Samad?

Kerja Sama dengan Orang Tua

Sampaikan kepada orang tuamu tentang Mang Samad. Mintalah pendapatnya tentang hal-hal baik yang bisa kamu lakukan dalam kehidupan sehari-hari mencontoh Mang Samad.

Demikian kunci jawaban buku siswa kelas 6 tema 4 Globalisasi halaman 61, 62, 63, 64, 65, 66. Semoga membantu teman-teman dalam menjawab soal-soal yang diberikan.

0 Response to "Kunci Jawaban Tema 4 Kelas 6 Subtema 2 Halaman 61, 62, 63, 64, 65, 66"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel