Kunci Jawaban Halaman 107, 109, 110, 111 Tema 4 Kelas 6
Tuesday, March 23, 2021
Add Comment
Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 4 Kelas 6 Halaman 107, 109, 110, 111 - Kunci jawaban Tema 4 merupakan alternatif isian dari soal-soal yang terdapat pada buku paket tematik siswa Kelas 6 Gelobalisasi Subtema 3 Globalisasi dan Cinta Tanah Air Pembelajaran 2 tepatnya terdapat pada halaman 107, 109, 110, 111
Tema 4 Kelas 6 subtema 3 pembelajaran 2
Ayo Mengamati
Baca dalam hati cuplikan berita dari berbagai media berikut.
Yuk, Cintai Buah dalam Negeri
Indonesia terkenal dengan surganya buah. Ada berbagai macam buah yang tumbuh subur di Nusantara ini. Sayangnya, buah-buah lokal ini makin lama makin tergusur karena kedatangan buah impor. Impor adalah mendatangkan buah dari luar negeri ke Indonesia.
Tentu saja, buah yang didatangkan dari luar negeri itu bisa menjadi murah di sini karena buah tersebut didatangkan dalam jumlah besar. Ini dapat membuat buah lokal kalah dalam persaingan .
Jangan lupakan Pasar Tradisional
Hai, kawan-kawan di seluruh Indonesia. Dalam artikel ini, kita akan membahas seputar pasar tradisional. Kita tidak boleh melupakan pasar tradisional dalam maraknya era globalisasi. Seperti contoh, kita pasti lebih senang berbelanja ke supermarket atau mall. Karena, suasananya tidak pengap dan lebih nyaman untuk berbelanja dibandingkan dengan berbelanja di pasar tradisional.
Apakah kalian lupa, Indonesia dari zaman dulu terkenal karena pemasaran sumber daya alamnya. Dulu, hanya ada pasar tradisional yang telah memperjualbelikan berbagai barang.
Sehingga, pasar tradisional merupakan warisan budaya leuhur kita terdahulu. Mungkin, pasar tradisional sudah ada sebelum masa penjajahan di Indonesia.
Banyak kapal-kapal asing berlayar ke Indonesia, karena ingin membeli rempah-rempah yang terjual pasar-pasar (tradisional).
Pasar tradisional tidak akan berubah ciri khasnya secara total. Pasar tradisional tak boleh dilupakan.
Mari Gunakan Produksi Dalam Negeri!
Menteri ESDM mengkampanyekan ”Gerakan Aku Cinta 100% Indonesia”. Secara serempak seluruh yang hadir dalam acara tersebut memakai batik dan sepatu produksi dalam negeri.
Gerakan cinta Indonesia memiliki arti sangat strategis, tidak hanya untuk menghadapi tantangan krisis ekonomi global, tapi juga untuk membangun kemandirian bangsa di bidang ekonomi.
Gerakan itu bukan hanya menjadi kampanye biasa, tapi menjadi gerakan bersama, tidak bersifat statis dan bukan kebijakan proteksionis karena tidak termasuk kebijakan tarif.
Potensi pasar dalam negeri sangat besar, dengan jumlah penduduk 230 juta dan hampir 50 persen terdiri dari penduduk berusia di bawah 29 tahun, harus dimanfaatkan secara optimal melalui gerakan ini. Semua pihak diharapkan untuk lebih memprioritaskan penggunaan produk dalam negeri sehingga kemandirian bangsa dapat terbangun.
Program kampanye “Cinta Indonesia” bertujuan untuk meningkatkan apresiasi masyarakat terhadap produk barang dan jasa dalam negeri, serta meningkatkan citra Indonesia di mata internasional.
Diharapkan dengan dicanangkannya gerakan ini, pasar produk dalam negeri bisa ditingkatkan sehingga tekanan terhadap sektor industri bisa dikurangi dan gejala pengurangan tenaga kerja dapat dihindari.
Halaman 107 Kunci Jawaban Tema 4 Kelas 6
Berdasarkan teks yang telah kamu baca coba diskusikan dengan temanmu “Berpikir Global, Bertindak Lokal”. Tulislah hasil diskusimu pada diagram berikut.
Kunci Jawaban
Contoh sikap :
Menggunakan bahasa Indonesia sebagai bahasa utama
Melestarikan seni tradisional Indonesia
Mencintai produk dalam negeri
Menggunakan pakaian yang sopan
Bersikap ramah terhadap sesama
Bukan contoh sikap :
Menggunakan bahasa asing sebagai bahasa utama
Lebih mengagumi budaya asing
Memilih produk impor
Menggunakan gaya pakaian yang terbuka
Tidak bersikap ramah terhadap sesama
Dampak :
Budaya Indonesia diambil alih oleh bangsa asing
Bangsa Indonesia dapat kehilangan jati diri
Pengertian :
Berpikir global, bertindak lokal yaitu bersikap terbuka terhadap perkembangan dunia namun tidak melupakan budaya sendiri.
Ayo Berkreasi
Setelah kamu yakin dengan gagasan brosur yang kamu buat pada pertemuan sebelumnya. Sekarang mulailah merancang brosur.
Perhatikan kriteria brosur yang baik.
1. Slogan jelas dan mudah dimengerti.
2. Bahasa baik dan menarik dengan ukuran huruf yang sesuai.
3. Ilustrasi menarik dan mudah diingat.
4. Tata letak gambar dan tulisan baik.
Halaman 109 Kunci Jawaban Tema 4 Kelas 6
Ayo Berlatih
Ambil kembali kotak berbentuk kubus yang kamu bawa. Gambarlah kemungkinan jaring-jaring pada kertas berpetak berikut.
Tahukah kamu bagaimana menemukan luas permukaan kubus?
Kunci Jawaban
1.) luas permukaa kubus
Lp = 6 x s²
2.) volum kubus
volum = s³
3) luas permukaan balok
Lp = 2 ( p x l + p x t + l x t )
4.) volum balok
volum = p x l x t
Tulislah panjang rusuk untuk setiap kemungkinan jaring-jaring kubusmberikut. Hitunglah luas permukaannya.
Kunci Jawaban
luas permukaannya adalah 12
Apakah bentuk jaring-jaring yang berbeda mempengaruhi luas jaring-jaring kubus?
Kunci Jawaban
tidak,bentuk jaring" yang berbeda tidak mempengaruhi luas jaring" kubus, karena jarng" kubus tetap terdiri dari 6 persegi
Luas jaring-jaring adalah luas permukaan kubus. Luas satu persegi adalah luas sisi kubus. Jika r adalah rusuk kubus, luas satu sisi kubus adalah r × r = r2
.
Bagaimana hubungan luas permukaan dengan luas setiap sisi pada kubus?
Kunci Jawaban
hubungan luas permukaan dengan luas setiap sisi kubus adalah
luas permukaan = 6 x luas sisi kubus
luas sisi kubus = 1/6 x luas permukaan kubus
Jika rusuk kubus adalah r, tulislah rumus luas permukaan kubus.
Kunci Jawaban
Rumus luas permukaan kubus = 6 × r × r
Halaman 110, 111 Kunci Jawaban Tema 4 Kelas 6
Ayo Berlatih
1. Hitunglah luas permukaan kubus berikut.
Kunci Jawaban
Luas permukaan kubus
A. 6 x 6 x 6 = 216 satuan luas
B. 6 x 10 x 10 = 600 satuan luas
(jika luas permukaan sampai keatas, jika luasnya hanya yg berwarna, maka luas nya 1 x 10 x 10 = 100)
2. Dayu akan membuat kubus dengan panjang rusuk 20 cm dengan menggunakan kertas karton.
Hitunglah luas kertas karton yang dibutuhkan Dayu.
Kunci Jawaban
Di ketahui panjang rusuk kubus = 20 cm
ditanya luas karton yang dibutuhkan
luas karton yang dibutuhkan = luas permukaan kubus
= 6 x rusuk x rusuk
= 6 x 20 x 20
= 6 x 400
= 2400 cm²
3. Siti akan membuat dua buah kubus dengan panjang rusuk masing-masing 20 cm. Jika Siti mempunyai kertas karton seluas 200 cm2, apakah kertas karton Siti cukup? Jelaskan.
Kunci Jawaban
panjang rusuk kubus = 20 cm
luas karton 200 cm²
jika membuat 2 kubus, cukupkan kertas siti?
jawab:
luas kertas yang dibutuhkan
= 2 x 6S²
= 2 x 6 x 20 x 20
= 4.800 cm²
kertas yang dibutuhkan 4.800 cm² sedangkan kertas yang ada 200 cm²jd jelas kertas milik siti tidak cukup.
4. Dayu mempunyai kertas karton dengan panjang 20 cm dan lebar 30 cm. Dayu akan membuat kubus dengan panjang rusuk 6 cm. Berapa banyak kubus yang dapat Dayu buat?
Kunci Jawaban
Diketahui
Ukuran karton:
Panjang = 20 cm
Lebar = 30 cm
Ukuran kubus:
Rusuk = 6 cm
Ditanyakan
Banyak kubus yang dapat dibuat oleh Dayu = .. ?
Jawab
Luas karton
= panjang × lebar
= 20 cm × 30 cm
= 600 cm²
Luas permukaan kubus
= 6 s²
= 6 × (6 cm)²
= 6 × 36 cm²
= 216 cm²
Banyak kubus yang dapat dibuat adalah
= Luas karton ÷ luas permukaan kubus
= 600 cm² ÷ 216 cm²
= 2,78
˜ 2
Jadi banyak kubus yang dapat dibuat adalah 2 buah kubus, dengan sisa karton yang tidak terpakai adalah
= 600 cm² – 2 × (216 cm²)
= 600 cm² – 432 cm²
= 168 cm²
Ayo Renungkan
Sebutkan sedikitnya 3 hal yang kamu pelajari hari ini.
Nilai-nilai apa yang dapat kamu petik dari pelajaran hari ini?
Apa manfaat pembelajaran ini bagi kehidupanmu?
Apa yang dapat kamu lakukan dalam kehidupan sehari-hari sehubungan dengan pembelajaran ini?
Kerja Sama dengan Orang Tua
Perlihatkan dan presentasikan brosur yang kamu buat kepada orang tuamu.Minta pendapat mereka tentang hal tersebut.
Demikian kunci jawaban buku siswa kelas 6 tema 4 Globalisasi halaman 107, 109, 110, 111. Semoga membantu teman-teman dalam menjawab soal-soal yang diberikan.
0 Response to "Kunci Jawaban Halaman 107, 109, 110, 111 Tema 4 Kelas 6"
Post a Comment