kunci Jawaban Halaman 131, 132, 133, 134, 135, 136 Kelas 6 Tema 4

Kunci Jawaban Kelas 6 Tema 4 Halaman 131, 132, 133, 134, 135, 136 – Buku siswa kelas 6 tema 4 edisi revisi 2018 diterbitkan dengan judul Globalisasi dengan subtema 3 berjudul Globalisasi dan Cinta Tanah Air.

Kelas 6 Tema 4 Subtema 3 Pembelajaran 6


tema 4 kelas 6

Halaman 131 Kunci Jawaban Tema 4 Kelas 6

Ayo Berdiskusi

Sekarang tulislah cinta produk Indonesia ke dalam diagram berikut.

kunci jawaban halaman 131
Kunci Jawaban
Cinta produk Indonesia
Contoh :
Membeli produk dalam negeri
Menggunakan produk buatan Indonesia
Mengganggap kualitas produk lokal tidak kalah dengan produk luar negeri

Bukan contoh :
Memilih produk dari luar negeri
Melakukan impor barang
Meremehkan kualitas produk lokal

Manfaat :
Membuat ekonomi Indonesia tetap stabil bahkan meningkat
Membuat usaha-usaha dalam negeri berkembang
Lapangan pekerjaan semakin luas
Mengembangkan kreativitas para pengrajin dalam negeri

Definisi :
Cinta produk Indonesia merupakan upaya untuk menjunjung tinggi produk Indonesia sebagai bentuk penghargaan terhadap kreativitas anak bangsa.

Halaman 132 Kunci Jawaban Tema 4 Kelas 6

Ayo Menulis

Cermati kembali teks eksplanasi pada pembelajaran 1. 
Temukan informasi-informasi penting dari setiap paragraf dalam teks tersebut.

Kemudian tuliskan informasi-informasi penting tersebut dalam bentuk gambar berseri berikut ini:

Perhatikan pengunaan kosakata baku dan kalimat efektif.

kunci jawaban halaman 132

Kunci Jawaban
• Halaman 1 (Judul) : Indonesia Luncurkan Program Akademi Energi Surya Pertama di Indonesia

• Halaman 2 : Pernyataan Umum
Paragraf 1 :
Teknik Elektro FTUI meluncurkan “Solar Academy” pertama di Asia Tenggara, yaitu institusi pendidikan dan pelatihan tenaga surya.

• Halaman 3 : Deret Penjelas
Paragraf 2 :
Sel surya merupakan lempengan tipis berbahan silikon yang mampu mengubah cahaya matahari menjadi listrik.
Lempengan sel surya yang telah diberi muatan positif dan negatif dapat menghasilkan listrik jika terkena cahaya.
Karena biaya pembuatan lempengan silikon cukup tinggi, membuat penggunaan sel surya masih kecil seperti pada peralatan elektronik atau sebagai sumber listrik di daerah yang belum dijangkau jaringan listrik.

• Halaman 4 : Simpulan dan pesan/pendapat pribadi penulis
Paragraf 3 :
Pendirian Akademi Surya oleh UI diharapkan dapat menjawab masalah krisis energi akibat kebutuhan energi di era globalisasi yang semakin besar. Sel surya dapat menjadi energi alternatif pengganti bahan bakar fosil karena bersih, aman, dan tersedia tanpa batas.

Halaman 133, 134, 135, 136 Kunci Jawaban Tema 4 Kelas 6

Evaluasi

1. Jelaskan makna dari “Berpikir Global, Bertindak Lokal”. Berikan contoh!
Kunci Jawaban
Berpikir global, bertindak lokal adalah bersikap terbuka terhadap perkembangan-perkembangan yang terjadi di seluruh dunia, namun masih menjunjung tinggi budaya sendiri dibanding budaya asing. Contohnya adalah mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang terjadi di seluruh dunia, namun tidak sampai mengikuti kebiasaan-kebiasaan asing yang negatif.

2. Gambarkan dan jelaskan proses panel listrik tenaga surya.
Kunci Jawaban
kunci jawaban tema 4 kelas 6

Cahaya matahari mengenai panel surya yang kemudian diubah menjadi energi listrik. Lalu listrik akan mengalir menuju controller untuk diatur tegangannya. Setelah tegangannya diatur, listrik kemudian disimpan pada baterai. Saat listrik digunakan, listrik akan mengalir menuju inverter dahulu untuk dinaikkan tegangannya. Akhirnya listrik dapat digunakan untuk mengoperasikan peralatan elektronik.

3. Apa yang kamu ketahui tentang Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS)? Tuliskan dalam bentuk teks eksplanasi sederhana. Perhatikan penggunaan kosakata baku dan kalimat efektif!

kelas-6-tema-4-subtema-3


Kunci Jawaban
Contoh teks eksplanasi :
Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS)
Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) merupakan pembangkit yang mengubah energi panas dari sinar matahari menjadi energi listrik. Pembangkit listrik jenis ini terdiri dari panel-panel yang disusun secara horizontal untuk menangkap cahaya matahari. Bahan dari panel-panel tersebut merupakan bahan yang termasuk semikonduktor yaitu silikon. Berdasarkan muatannya, silikon dibagi menjadi 2 yaitu tipe-p dengan muatan positif dan tipe-n dengan muatan negatif. Umumnya setiap panel tersusun dari 2 lapisan silikon tersebut.

Dalam prosesnya, awalnya cahaya matahari ditangkap oleh panel-panel surya. Ketika panel-panel surya terkena panas dari cahaya matahari, lapisan tipe-p akan terhubung dengan lapisan tipe-n. Pada dasarnya, bahan semikonduktor dapat menghantarkan listrik ketika terkena panas. Karena hubungan tersebut, membuat muatan negatif pada lapisan tipe-n mengalir menuju muatan positif pada lapisan tipe-p sehingga membentuk medan listrik. Sebelum disimpan di baterai, listrik akan mengalir menuju controller untuk diatur tegangannya. Listrik yang tersimpan dalam baterai akan dinaikkan dahulu oleh inverter agar bisa digunakan untuk mengoperasikan peralatan elektronik.

Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) dapat dijadikan solusi untuk mengurangi dampak pemanasan global. Cahaya matahari yang dimanfaatkan PLTS merupakan energi yang ramah lingkungan karena tidak menimbulkan polusi, dan tersedia tanpa batas. Kelebihan ini harus dimanfaat secara optimal mengingat juga Indonesia merupakan negara tropis yang disinari matahari sepanjang hari.

4. Mencintai produk dalam negeri adalah merupakan sikap cinta tanah air. Apakah kamu setuju dengan pernyataan tersebut? Jelaskan alasanmu.
Kunci Jawaban
Setuju, karena salah satu cita-cita bangsa adalah memajukan kesejahteraan umum. Dengan mencintai dan membeli produk sendiri, maka kita meningkatkan ekonomi para pemilik usaha dalam negeri yang juga berdampak terhadap meningkatnya kesejahteraan mereka. Sehingga, hal tersebut termasuk salah satu sikap cinta tanah air.

5. Hitunglah luas dan volume kubus dengan panjang rusuk 6 cm.

Kelas 6
Kunci Jawaban
Luas :
L = 6 x (r x r)
L = 6 x (6 x 6)
L = 6 x 36
L = 216 cm2
Volume :
V = r3
V = 63
V = 216 cm3

6. Hitunglah luas permukaan dan volume bangun gabungan berikut.

tema 4 kelas 6 halaman 135

Kunci Jawaban
Luas :
L = 5 x (8 x 8) + 5 x (4 x 4) + (8 x 8 – 4 x 4)
L = 5 x 64 + 5 x 16 + (64 – 16)
L = 320 + 80 + 48
L = 448 cm2
Volume :
V = 8 3 + 43
V = 512 + 64
V = 576 cm3

7. Ida akan membuat 4 kubus dengan panjang rusuk 10 cm dari kertas karton. Hitunglah luas kertas karton yang dia perlukan.
Kunci Jawaban
L = 4 x 6 x (10 x 10)
L = 24 x 100
L = 2.400 cm2
Jadi, luas kertas karton yang dia perlukan adalah 2.400 cm2.


Demikian kunci jawaban buku siswa kelas 6 tema 4 Globalisasi halaman 131, 132, 133, 134, 135, 136. Semoga membantu teman-teman dalam menjawab soal-soal yang diberikan.

0 Response to "kunci Jawaban Halaman 131, 132, 133, 134, 135, 136 Kelas 6 Tema 4"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel